06 Januari 2010

Tugas UAS

AL-HAQ ISLAMIC SCHOOL
Sekolah ini merupakan sekolah swasta di bawah Amal Mulia yang menyediakan pendidikan tingkat dasar, menengah pertama dan menengah atas. Sekolah dengan pondasi dasar keislaman dan menanamkan sikap kesederhanaan dengan fasilitas secukupnya, namun berbasis teknologi informasi tinggi. Hal ini dapat ditunjukkan dari gedung sekolah yang luas, layak namun tidak mewah, lantai ubin batu (yang penting tidak berdebu), kelas menggunakan kipas angin, menggunakan papan tulis hitam dengan kapur, namun dilengkapi dengan laboratorium komputer terkoneksi dengan internet teknologi tertinggi, begitu pula dengan laboratorium IPA, dan bahasa serta sistem presensi retina.

Al-haq Islamic School, melalui Yayasan Amal Mulia bergerak di dua bidang sekaligus. Sosial dan Pendidikan. Bersama yayasan membuat tim Fund Rising untuk beasiswa anak-anak kurang mampu. Disamping itu, kami menerapkan sistem subsidi silang. Menghapus batas antara si miskin dan si kaya. Menanamkan jiwa sosial dan empati tinggi pada siswa. Mengajarkan bagaimana bersyukur atas apa yang didapat selama ini. Menjunjung tinggi kesetaraan dengan didasari dengan nilai-nilai spiritualitas.

Kompetensi Lulusan
1. Mampu bersikap sederhana dalam keseharian dan tidak berlebih-lebihan serta pandai bersyukur atas nikmat yang telah didapat.
2. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut.
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
4. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
5. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
6. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
7. Cakap organisasi.
8. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
9. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
10. Memiliki kapasitas yang baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya

PROGRAM YANG DITAWARKAN
Program Reguler

Pendidikan untuk SD, SMP, dan SMA. Lama pendidikan SD 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun. Penjurusan pada tingkat SMA tersedia IPA, IPS dan bahasa. Fasilitas kelas merata di masing-masing jenjang. Kelas dengan kapasitas maksimal 20 orang. Kelas dilengkapi dengan 3 kipas angin di langit-langit, rak sepatu, loker siswa, sebuah papan tulis hitam, infocus+layar, pengaturan cahaya yang baik. Guru bersertifikasi dan professional serta bersahabat. Menghadirkan native speaker untuk pelajaran bahasa inggris, mandarin dan arab. Hafal qur’an juz 30, 29, 28, 27 dan 26 pada kelulusan SD, hafal qur’an juz 25, 24 dan 23 pada kelulusan SMP, dan hafal qur’an juz 22 dan 21 pada kelulusan SMA.

Program Akselerasi
Pendidikan untuk SD, SMP, dan SMA. Lama pendidikan SD 4 tahun, SMP 2 tahun, dan SMA 2 tahun. Penjurusan pada tingkat SMA tersedia IPA, IPS dan bahasa. Fasilitas kelas merata di masing-masing jenjang. Kelas dengan kapasitas maksimal 20 orang. Kelas dilengkapi dengan 3 kipas angin di langit-langit, rak sepatu, loker siswa, sebuah papan tulis hitam, infocus+layar, pengaturan cahaya yang baik. Guru bersertifikasi dan professional serta bersahabat. Menghadirkan native speaker untuk pelajaran bahasa inggris, mandarin dan arab. Hafal qur’an juz 30, 29, 28, 27 dan 26 pada kelulusan SD, hafal qur’an juz 25, 24 dan 23 pada kelulusan SMP, dan hafal qur’an juz 22 dan 21 pada kelulusan SMA.

Program Asrama
Program asrama drperuntukkan bagi siswa kurang mampu tingkat pendidikan SMP dan SMA yang hendak berasrama. Di asrama, hidupnya dijamin oleh pihak yayasan mulai dari makanan, uang saku, pakaian, perlengkapan sekolah, sepatu, dll selama bersekolah di Al-haq Islamic School sebagai siswa asrama. Program asrama berlaku untuk putra dan putri. Tiap asrama dipegang oleh 2 orang Pembina lulusan Pesantren Modern Gontor. Keuntungan yang didapat secara keilmuan, yakni ada pengajian rutin ba’da subuh dan ba’da maghrib yang diawali dengan membaca al-ma’surat, tahfidz, lalu kajian keislaman sesuai dengan materi tarbiyah rancangan Imam Hasan Al-bana. Siswa asrama juga mendapatkan ilmu bela diri setiap hari sabtu pagi. Siswa asrama diberikan kewajiban terhadap asrama berupa jadwal piket harian yang telah dibagi-bagi dan disesuaikan serta kerja bakti pada hari minggu. Siswa asrama putra dan putrid masing-masing terbatas untuk 40 orang.

Program ini dipilih berdasarkan analisis kondisi sosio-ekonomi masyarakat sekitar dan masalah moralitas yang nampak pada kehidupan pelajar saat ini, dimana bergelimangan fasilitas (orang kaya), terbiasa dengan kemewahan, seakan seluruh dunia berisikan orang kaya tanpa mengetahui apa lagi peduli terhadap mereka yang kekurangan serta jauh dari nilai-nilai spiritual. Pengambilan program disesuaikan dengan standar pendidikan Indonesia.
Untuk Program Akselerasi, kami menyadari bahwa terdapat siswa-siswa berbakat yang daya serap dan kemampuannya diatas rata-rata dan memungkinkan untuk segera melanjutkan ke jenjang/tinkat selanjutnya. Karena jika tidak demikian, mereka justru akan mengalami hambatan di kelas reguler. Siswa-siswa semacam in iakan menkadi asset yang sangat berharga bagi bangsa ini, oleh karena itu kami mencoba menemukan dan mengembangkan bibit-bibit siswa berbakat dengan membuka program akselerasi ini.
Program Asrama, lebih mengajarkan siswa kemandirian. Hidup dengan teman yang lain akan menumbuhkan kepekaan sosial dan solidaritas yang tinggi dari dalam diri siswa. Serta yang paling berharga adalah membiasakan pola hidup yang baik dan religious.

Sasaran dan Kriteria Peserta Didik
Al-haq Islamic School terbuka untuk semua peserta didik dari kalangan secara status sosial dan ekonomi pada umur yang sesuai. Sekolah ini juga terbuka untuk non muslim sekalipun, dengan menghilangkan unsure-unsur mata pelajaran keislaman dan disesuaikan dengan agama mereka namun mereka tidak bisa menjadi siswa asrama.
Untuk SD siswa minimal berusia 7 tahun. Untuk siswa SMP, harus memiliki ijazah SD dan nilai minimal rata-rata UN 8,00. Untuk SMA, harus memiliki ijazah SMP dan nilai minimal rata-rata UN 8,00.
Sekolah ini merupakan sekolah inkluisif, sehingga terbuka juga untuk anak berkebutuhan khusus yang kelasya digabung dengan siswa normal.

Strategi Publikasi
1. Open House pada louching pertama dan pada tahun awal penerimaan siswa baru.
2. Menyebarkan selebaran (leaflet) ke seluruh kecamatan di kota Depok, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, terutama pada komplek-komplek perumahan
3. Internet (website & membuat group di FB)
4. Media Cetak (Koran dan Majalah)
5. Door to door
6. Radio

Proses dan Alat Seleksi
Tahapan Seleksi
1. Seleksi Administratif (alatnya berupa formulir pendaftaran dan berkas-berkas sesuai persyaratan)
2. Tes Akademik, Psikotes dan Performance Test (prestasi)
3. Wawancara (Orang tua siswa dan siswa terpisah)
4. Keputusan Penerimaan (melalui email, facebook dan surat)

Kriteria Kelulusan
Kriteria kelulusan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; Peserta didik dinyatakan lulus ujian sekolah/sekolah apabila memiliki rata-rata nilai minimum 6,00 dan nilai minimum setiap mata pelajaran Ujian Sekolah sesuai batas minimum ujian nasional.
d. Lulus Ujian Nasional.

Namun ada kriteria kelulusan tambahan dari sekolah, diantaranya:
1. Hapalan qur’an seperti yang telah dipaparkan di atas
2. Penilaian sikap (akhlak)
Semua ketentuan berada pada wewenang sekolah seutuhnya untuk meluluskan atau menidakluluskan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar